Energi spiritual, tentang apa ini?

Energi spiritual, tentang apa ini?

Dalam berbagai sistem keyakinan, ada begitu banyak konsep energi spiritual. Seperti Kundalini, Reiki, Tenaga Dalam, dan lain sebagainya. Apa ini sebenarnya?

Dalam kehidupan sosial, kita sering mendengar kata ENERGI! Ber-energi atau orang kuat yang mempunyai banyak energi. Orang yang dapat mendorong mobil dikatakan amat berenergi, air yang dapat mendorong kapal di laut dikatakan mempunyai energi, begitu juga dengan angin. Aki dapat menyalakan motor disebabkan mempunyai energi dan seterusnya.

Pengertian energi berdasarkan ilmu fisika ialah kemampuan untuk melakukan usaha. Kemampuan tersebut diukur dengan variabel waktu dan juga besarnya usaha yang dilakukan. Tidak ada pengertian energi selain gambaran diatas yang sangat menggambarkan apa itu energi.

Dalam sistem SI, Energi mempunyai satuan Joule. Satuan lain dari energi misalnya KWh, Erg serta kalori digunakan dalam bidang-bidang tertentu untuk memudahkan. Konversi satuan energi bisa dilakukan melalui ketetapan bahwa 1 kalori = 4.2 Joule dan juga 1 joule = 1 watt sekon.

Dalam pembahasan mengenai energi, terdapat suatu hukum yang bernama hukum kekekalan energi. Hukum tersebut  berarti energi tidak dapat hilang atau musnah, namun dapat berubah bentuk.

Berikut ialah macam-macam bentuk energi yang dikenal manusia:
  • Energi Kimia

Energi kimia ialah energi yang paling dibutuhkan oleh makhluk hidup disebabkan pada bentuk kimiawi, energi dapat disimpan lebih lama. Energi kimia biasanya tersimpan dalam bahan-bahan makanan. Dalam metabolisme sel, ATP ialah salah satu bentuk energi kimia yang sangat berguna serta penting untuk manusia.

Energi kimia pun tersimpan dalam bahan bakar yang biasanya sering kita gunakan misalnya bensin dan juga minyak tanah. Energi ini muncul sebab terjadinya proses pemecahan ikatan kimia dalam susunannya sehingga menghasilkan energi.

  • Energi Panas

Energi panas merupakan rupa energi yang bisa berubah jadi kalor. Energi panas dapat muncul dikarenakan terjadinya perubahan bentuk energi misalnya pada reaksi energi kimiawi pada matahari yang mengakibatkan munculnya api dan panas yang berpindah secara radiasi.

  • Energi Bunyi

Energi ini ialah salah satu bentuk perubahan energi. Bunyi dapat dihasilkan oleh tabrakan, tumbukan, dan masih banyak peristiwa lainnya asalkan ada penghantar seperti udara maupun benda lainnya. Satuan bunyi ialah desibell.

  • Energi Listrik

Energi listrik ialah energi yang saat ini paling banyak digunakan dan juga dianggap sangat penting oleh penduduk dunia. Energi ini muncul disebabkan adanya perbedaan muatan antara dua buah titik penghantar. Energi listrik dihasilkan oleh berbagai pembangkit tenaga listrik.

Energi ini dapat diperoleh dari perubahan berbagai sumber energi seperti air, panas, angin, cahaya, serta bahan bakar fosil (kimiawi). Energi itu dikonversikan menjadi bentuk energi listrik melalui perputaran turbin yang merupakan dinamo yang dapat menghasilkan sebuah medan listrik.

Untuk cahaya, energi listrik diperoleh dari reaksi fotovoltaik pada permukaannya sehingga mengakibatkan perbedaan muatan serta menghasilkan listrik.

  • Energi Gerak

Energi ini ialah salah satu bentuk energi dasar. Energi gerak sesuai namanya timbul pada benda atau zat yang bergerak. Saat suatu benda ataupun zat bergerak, gerakan yang ada ialah energi. Hal ini searah dengan perubahan energi air untuk memutar baling-baling turbin untuk menghasilkan listrik.

  • Energi Nuklir

Energi nuklir ialah energi yang berada dalam setiap materi ataupun zat yang tentunya tersusun atas atom-atom serta material penyusun atom misalnya elektron, neutron dan juga proton. Energi nuklir sebenarnya pun merupakan energi kimia, namun, lebih bersifat spesifik serta membutuhkan usaha yang lebih dalam menggunakannya.

  • Energi Spiritual?

Nah, ini yang akan menjadi pembahasan dalam artikel ini. Tentang apa yang dimaksud energi spritual. Tentang berbagai konsep energi yang sering dibicarakan orang diluar sana.

Saya tidak ingin terlalu begitu banyak memaparkan berbagai konsep energi yang sudah mengakar kuat ditengah masyarkat. Namun, sebagian besar cenderung mengarah pada sistem keyakinan.

Energi magnetis menidurkan orang

Saya ambil salah satu contoh magnetism, tehnik menidurkan orang dengan tatap mata! Anda pernah dengar tentang magnetism? Tentang kemampuan menidurkan orang hanya dengan tatapan mata, sentuhan, atau cara-cara yang terlihat ajaib? Iya, dalam atraksinya, magnetism memang terlihat ajaib.

Ada begitu banyak informasi yang beredar tentang keilmuan satu ini. Sesuai dengan namanya, magnetism atau daya magnet; maka kemampuan ini dipercayai menggunakan energi magnetis yang dimiliki manusia. Termasuk juga tentang perlunya latihan berbagai konsep lain, seperti, olah nafas, meditasi menarik energi semesta, dan lain sebagainya.

Untuk magnetism, saya tidak akan bercerita banyak. Secara singkat dan intinya; magnetism memanfaatkan mekanisme sistem syaraf dalam memunculkan sensasi. Dan ini telah dibahas dikelas Neurolism (Baca e-Book Neurolism – Setiap Kata Menjadi Mantera). Anda dapat menyebutnya pola hipnosis terkondisi. Artinya, tindakan menidurkan dalam atraksi adalah bagian akhir dari serangkain tindakan sebelumnya. Ada pola yang telah dibentuk dibawah sadar yang dalam bahasa hipnosis disebut sebagai pre-induksi.

Jadi, saat memahami mekanisme pembentukan alur sugesti dibawah sadar manusia, anda secara otomatis dapat mengaplikasikan magnetism. Anda tidak perlu belajar sedot energi semesta, tidak perlu belajar pernafasan, tidak perlu pakai mantera atau belajar ilmu magis. Hal ini juga berlaku pada ilmu tenaga dalam!

Baca artikel tentang energi spiritual; #tag energi

Dari beberapa konsep energi, secara garis besar; berikut ini dianggap manfaat terbangkitnya energi spiritual itu; kemampuan psikis meliputi:

  1. Kemampuan meraga sukma (Dalam kondisi trance anda memungkin merasakan sensasi ini)
  2. Kemampuan melihat makhluk astral (Manusia yang berbakat halusinasi sangat berpotensi dengan kemampuan ini. Walau pun tanpa latihan atau aktivasi energi tertentu. Sedangkan, jika tidak memiliki bakat maka mau latihan sampai mati pun tidak akan dapat berhalusinasi)
  3. Kemampuan mata batin. (Mata bathin adalah kemampuan dasar manusia dalam menangkap informasi tanpa menggunakan kelima inderanya. Dan ini dalam bentuk rasa atau disebut intuisi)
  4. Kemampuan melihat kejadian masa lalu dan sejarah. (Anda dapat mengalami sensasi seperti ini saat dalam kondisi trance hipnosis)
  5. Kemampuan memahami isi hati orang lain. (Intuisi dalam menangkap impresi kondisi emosi dan mental manusia. Empati)
  6. Kemampuan melihat alam gaib atau dunia astral. (Halusinasi)
  7. Kemampuan untuk mendeteksi kebohongan seseorang. (Intuisi)
  8. Kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri dengan energi alam (natural self healing). (Self hypno untuk mengurai berbagai konflik bawah sadar. Semacam detoks emosi. Cenderung kepenyakit pikiran atau disebabkan konflik pikiran.)
  9. Kemampuan untuk mempengaruhi pikiran orang lain. (Ini hanya soal kondisi emosi dan mental)
  10. Kemampuan melihat suatu kejadian di tempat lain. (Lebih cenderung ke prediksi. Dan dalam kondisi trance fenomena seperti ini sering terjadi. Namun hasilnya hanya sebatas asumsi. Dan tidak dapat digunakan untuk kepentingan secara ilmiah)
  11. Bermanfaat untuk Meningkatkan Kualitas & Kesejahtraan Hidup. (Konsep percaya diri masuknya dalam sistem keyakinan. Namun tetap harus realistis dan memahami hukum-hukum kehidupan yang berlaku. Anda dapat sejahtera secara ekonomi saat memahami hukum ekonomi.)

Konsep energi pada dasarnya bermain dalam ranah sistem keyakinan. Artinya, adanya hanya dalam dimensi pikiran manusia semata. Berlaku hanya pada mereka yang menyakini dan tidak ada saat manusia tidak meyakininya.

Konsep energi ini, sama seperti mitos! Adanya dalam dimensi pikiran manusia, maka ini pula yang memungkinkan bahwa; setiap konsep dapat berlaku dalam kehidupan manusia. Artinya, anda dapat mengikuti berbagai konsep yang telah ada dan atau anda dapat membentuk konsep baru, lalu anda biarkan hidup dalam pikiran melalui berbagai laku, tindakan, simbol atau lainnya.

Anda tahu bagaimana cara kerja mitos? Mitos itu tidak perlu benar-benar ada. Namun anda meyakininya ada. Anda dapat mempengaruhi orang lain melalui berbagai deskripsi, otoritas, sensasi, dan lainnya, sehingga, membuat mereka juga meyakininya. Keyakinan secara kolektif membuat membuat konsep ini berlaku dalam kehidupan manusia.

Bersambung ke artikel Mitos dan Entitas Imaginer

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top