Tidak Ada Kesalahan Dalam Meditasi

Jangan Takut Salah sebab Begitulah Kita Belajar Yang Sesungguhnya. Jadi tidak ada istilah kesalahan dalam meditasi

tidak ada kesalahan dalam meditasi
Oka Pribawa

Proses meditasi adalah proses yang sangat personal dan unik. Saya sebut unik sebab pengalaman akan berbeda satu sama lainnya.

Setiap metode apapun namanya mungkin akan baik dan mengena pada suatu individu namun bukan berarti metode itu akan bekerja dengan cara yang sama jika dilakukan oleh individu yang berbeda.

Latar belakang kehidupan, nilai2 kehidupan yang telah tertanam dan semua unsur luar kita telah terlanjur mengidentifikasi diri kita. Kita mungkin identik dalam beberapa hal namun tidak akan pernah sama.

Bagi sebagian orang meditasi diam memang sangat baik namun tidak akan berlaku selalu sama pada setiap orang. Namun kita harus terus mencoba sesuatu yang baru sebab kita pada dasarnya adalah mahluk yang dinamis apalagi di zaman sekarang yang hampir kesemua aspek kehidupan saat ini bersifat artifisial.

Sesama pencari tidak ada yang lebih baik ataupun lebih tinggi. Kita semua para pencari ; the seekers. Dan para pencari bukanlah mereka yang diam namun mereka yang dinamis.

Bagi mereka yang sulit melakukan meditasi diam mungkin ada baiknya mengkombinasikannya dengan meditasi dinamis atau meditasi gerak.

Setiap kesalahan yang terjadi dalam proses ini janganlah dianggap hal yang terlalu serius. Jika toh berhasil jangan juga dianggap terlalu istimewa, sebab sprt yang pernah saya tulis sebelumnya, meditasi itu adalah fenomena yang sangat sederhana.

Meditasi mirip seperti mau masuk ke kamar pribadi kita yang disekitarnya terdapat begitu banyak pintu. Mungkin saja kita akan salah masuk kamar tapj sekali lagi itu adalah bagian dari proses meditasi itu sendiri. Teruslah mencoba dan nikmati saja perjalannya dan teruslah bergerak.

#Namaste

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top