pola tenaga dalam

Metode Atraksi Tenaga Dalam

Fenomena atraksi tenaga dalam memang mengundang kekaguman tersendiri. Disisi lain, ada begitu banyak mitos tentang keberadaan kekuatan super tersebut. Selain dianggap bagian dari kekuatan tersembunyi yang ada dalam kehidupan manusia, tenaga dalam juga sering dikait-kaitkan dengan kemampuan suprantural, metafisika, dan lain sebagainya. Ini memberi sensasi eforia tersendiri.

Namun, sepanjang sejarah, hal-hal yang selama ini dianggap aplikasi dari tenaga dalam tidak lebih dari serangkaian tehnik. Seperti; memanfaatkan kondisi trance dengan pola hipnosis, kemampuan fisik yang terlatih, gimmick/trik/sulap, dan hukum alam.

Artinya, saat anda memahami cara kerja serangkaian tehnik dimaksud, anda tidak perlu berlatih tenaga dalam, maka anda bisa melakukan atraksinya. Sebutan tenaga dalam adalah kemasan yang menyelebungi tehnik.

Sang legenda seni bela diri bernama Bruce Lee menggunakan frase “Kebodohan yang terorganisasi.” Untuk mengambarkan berbagai kemasan seni beli diri yang menurutnya tidak ilmiah. Sehingga terbebas dari aroma mitologi dan hiperbola romantis yang membungkus seni bela diri.

Tentunya, tidak ada video rekaman pertarungan yang menjelaskan isu bela diri ini dengan lebih jelas selain video pertarungan di Cina antara petarung MMA Xu Xiaodong menghajar praktisi Tai-chi yang kabarnya punya kekuatan mistik, Wei Lei. Insiden ini menjadi berita internasional dan mengundang banyak perdebatan (sesuai harapan Xu) tentang validitas sistem bela diri di dunia nyata.

Anda bisa searcing di youtube tentang sebuah pertarungan yang diadakan di Malaysia, footage video menunjukan praktisi Wing Chun dihabisi, dihajar dan dicekik oleh petarung MMA kurang dari 30 detik. Menonton persiapan sebelum bertanding, sulit untuk tidak berasumsi bahwa si petarung kung fu lebih berfokus meniru gaya Donnie-Yen-sebagai-Ip-Man, alih-alih menyiapkan diri untuk “pertarungan sesungguhnya” yang akan dia hadapi.

Awalnya, konfrontasi muncul dalam bentuk perang mulut di mana Xu secara terang-terangan menyebut kemampuan magis swa-proklamasi Lei sebagai penipuan. Ketika ini berujung menjadi pertandingan nyata, Xu dengan mudah membungkam Wei dalam waktu sepuluh detik.

Di jagat internet memang ada banyak video pertarungan, tentang bagaimana sengitnya petarung MMA melawan seni bela diri kungfu dari Shaolin. Beberapa dimenangkan oleh Shaolin. Namun, rekaman pertarungan tersebut sangat jelas mempertontonkan sebuah kemampuan sosok yang terlatih secara fisik. Bukan sebuah gambaran tentang tenaga dalam yang membuat manusia tidak tersentuh atau melakukan pukulan jarak jauh.

Di Laboratorium atau arena latihan tenaga dalam, para master bisa saja melakukan atraksi tidak tersentuh dan atau hanya dengan sebuah kibasan tangan puluhan murid terpelanting jatuh. Kenapa? Karena memang sugesti melalui pola hipnosis terselubung telah menanamkan anchor pada para muridnya. Dan jika anda tidak tersugesti maka; dikatakan tidak sensitif atau tidak berbakat!..

Para praktisi tenaga dalam memang merasakan sensasi energi. Karena tanpa sadar masuk dalam kondisi trance. Dan sensasi tersebut menimbulkan eforia dimana merasa memiliki sebuah kekuatan super. Rasa tersebut, cukup baik untuk meningkatkan rasa percaya diri. Ini masuknya dalam ranah sistem keyakinan. Namun negatifnya, akan berdampak halusinasi yang berujung delusi.

Saat sistem keyakinan bekerja, maka sistem syaraf akan mengaplikasikannya dalam bentuk sensasi. Sistem syaraf mempunyai kemampuan untuk memanipulasi sensasi rasa. Saat anda dalam sebuah keyakinan yang mutlak, maka sangat dimungkinkan untuk tidak merasa sakit.

Anodyne Awareness adalah aplikasi hipnosis untuk mengurangi rasa sakit fisik dan kecemasan. Banyak dokter, tenaga medis, perawat, dan dokter gigi menggunakan teknik anodyne untuk membantu pasien menjadi rileks dengan sangat cepat dan mengurangi rasa sakit dengan mental anestesi.

Saat ini, tehnik tersebut telah berkembang untuk mengurangi rasa cemas dan sakit pada wanita melahirkan. Dan pada masa lalu, tehnik ini digunakan oleh para dokter untuk mengaputasi atau melakukan operasi pada pasien tanpa menggunakan obat bius.

Rekaman sejarah tentang delusi ‘tenaga dalam’ juga sering terjadi. Tentang bagaimana atraksi manusia yang dilindas kenderaan bermotor yang merenggot korban nyawa.

Ya, sistem keyakinan yang mutlak akan menimbulkan sensasi dalam pikiran manusia. Termasuk hilangnya rasa sakit dan ketakutan. Namun realitas batas kemampuan fisik tetap ada. Artinya, ada batas-batas toleransi untuk menerima beban atau tekanan. Saat melebihi batas maka akan cidera atau mengalami kerusakan.

Anda mungkin pernah melihat bagaimana atraksi di panggung hipnosis, dimana manusia yang tubuhnya dibuat kaku, lalu dibaringkan diatas alat yang memungkinkan tubuhnya menyangga beban yang berat. Atau ditindih beberapa orang.

Para praktisi profesional sebenarnya, memahami berbagai potensi yang akan terjadi. Artinya, telah menghitung sejauh mana kekuatan otot manusia dalam menerima toleransi beban. Jika salah sedikit, maka dapat menimbulkan cidera atau menimbulkan korban.

Anda sendiri boleh-boleh saja menginduksi diri sendiri untuk tumbuh menjadi manusia tahan pukul. Bisa melalui pola-pola hipnosis tradisional semacam ritual-ritual sistem keyakinan. Dimana memungkinkan, terciptanya sebuah kondisi rasa yakin. Namun, sebaiknya harus didukung dengan latihan fisik yang memadai. Sehingga, realitas fisik yang sudah kebal rasa sakit dapat menerima beban lebih agar tidak menimbulkan cidera.

Tapi, anda jangan nekat untuk memiliki kemampuan diatas ambang batas realitas manusia. Anda jangan nekat mencoba dilindas mobil, jika tidak faham tehniknya. Para profesional yang anda tonton di video atau televisi dalam melakukan atraksi ajaib seperti itu menggunakan strategi tertentu. Namanya gimmick atau sulap!

Dalam hal ini, saya bukan berarti menutup berbagai kemungkinan. Mungkin, suatu saat nanti, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, ada semacam temuan yang mampu merubah dan atau menciptakan sesuatu sehingga, sel-sel, hormon, DNA dapat diubah. Sama seperti tentang impian besar ilmuwan, untuk menjadikan manusia sebagai mahluk imortal!

Ya, dari serangkain penelitian, penyebab-penyebab kematian manusia dapat disebut karena faktor tehnis. Seperti penyumbatan pembuluh darah karena lemak, kanker, kerusakan sistem syaraf, virus, sel-sel yang bermasalah dan lain. Artinya, saat beberapa kesalahan tehnis tersebut dapat diatasi, setidaknya umat manusia umurnya dapat diperpanjang. Artinya, ajal dapat ditunda!

Setidaknya, melihat dari berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dewasa ini, ada begitu banyak kesalahan tehnis penyebab kematian manusia sudah bisa diatasi. Dan sudah banyak juga hal-hal yang selama ini disebut sebagai kodrat manusia bisa direkayasa. Tentang jenis kelamin,  kelahiran, genetik, DNA, dan lain sebagainya. Namun semua dilakukan atas dasar serangkaian tehnik yang dapat dijelaskan secara ilmiah.

Memang, masih ada banyak klaim-klaim berbagai fenomena sebagai bentuk keajaiban. Seperti kemampuan suprantural, metafisika, ghaib, dan lainnya. Namun, sebagian besar bersumber dari cerita mitos, legenda, dan fenomena alam semata.

Pada tahun 1964 silam, ada sebuah tantangan terbuka yang diselenggarakan oleh Yayasan “James Randi Educational Foundation (JREF)” untuk menguji kemampuan dan kekuatan tenaga dalam, okultisme, supranatural, laduni, voodoo/santet, magic/sihir dan berbagai ilmu semu maupun perdukunan lainya untuk diuji kebenaranya secara kolektif dibawah persetujuan kedua belah pihak. Akan tetapi, sampai berakhirnya tahun 2015 lalu, belum ada yang bisa membuktikan kekuatan luar biasa atau kekuatan gaib yang diklaim oleh orang yang memiliki kekuatan super dari seluruh belahan dunia. Semua, gagal dalam tantangan ini.

The One Million Dollar Paranormal Challenge

In 1964, Randi began offering a prize of US$1000 to anyone who could demonstrate a paranormal ability under agreed-upon testing conditions. This prize has since been increased to US$1 million in bonds and is now administered by the JREF. Since its inception, more than 1000 people have applied to be tested. To date, no one has been able to demonstrate their claimed abilities under the testing conditions, all applicants either failing to demonstrate the claimed ability during the test or deviating from the foundation conditions for taking the test such that any apparent success was held invalid; the prize money remains unclaimed. However, in 2015 the James Randi Educational Foundation said they will no longer accept applications directly from people claiming to have a paranormal power, but will offer the challenge to anyone who has passed a preliminary test that meets with their approval

James Randi yang juga dikenal sebagai ahli Magician, illusionist, skeptic, mempunyai latar belakang yang bisa dikatakan memahami berbagai cara kerja yang selama ini dianggap ajaib. Artinya, berbagai atraksi yang biasa dipertontonkan sebagai sesuatu yang diklaim kekuatan super adalah murni trik/tehnik!

Sama halnya ketika saya melakukan atraksi menidurkan orang hanya dengan sorot mata, membentuk lingkaran dalam sebuah area, atau hanya dengan melambaikan tangan. Bagi awam, jelas berpikir saya menggunakan kekuatan sesuatu. Bagi yang berpikiran pendek bisa saja langsung mengatakan itu sihir atau tenaga dalam! Tapi sebagai praktisi, saya tahu persis bahwa itu murni tehnik. Hipnosis!  Atau bisa pula saya kemas itu adalah berkat/anugerah dari ilhai. Bersambung…

__// Tulisan ini bagian dari buku Neurolism

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *