ilmu pelet dan cara kerjanya

Hypnosis Mesmerism; Cara Kerja Dan Sejarahnya

Apa itu hypnosis Mesmerism atau hipno magnetic? Mesmerisme adalah teknik terapi hipnosis tertua yang pernah ada. Bisa disebut sebagai Induksi TANPA Kata.

Teknik ini diciptakan oleh Frans Anton Mesmer. Seorang dokter yang pertama mengangkat ilmu hipnotis ke ranah ilmu ilmiah. Frans Anton menyebut teknik ini sebagai Animal Magnetisme. Namun, generasi berikutnya lebih suka menyebut ilmu ini sebagai ilmu Ajaran Mesmer atau Mesmerisme.

Dahulu Mesmerisme dianggap cukup sulit dipelajari. Sehingga teknik ini ditinggalkan, dan kemudian berkembanglah ilmu hipnotis yang sekarang banyak diajarkan, setelah era James Braid. Namun diluar itu semua, ternyata para murid Mesmer generasi berikutnya juga mengembangkan teknik Mesmerism supaya lebih mudah dipelajari. Dan, hingga saat ini teknik Mesmerisme ini telah menjadi mudah dipelajari dan diterapkan.

Mesmerism adalah sebuah keilmuan hipnosis yang justru tidak nampak seperti hipnosis. Dan malah seperti keilmuan mistis. Karena penggunaan tekniknya yang memunculkan kesan seperti itu. Mulai dari tatapan mata yang tajam, gerakan-gerakan tangan, tiupan hingga digunakannya media air untuk proses penyembuhan. Bagi yang berpikir pendek akan dengan cepat menyimpulkan: SIHIR!

Namun apakah benar demikian? Semoga tulisan ini mampu menjawab tanda tanya akan hal tersebut.

Mengenal Hypnosis Mesmerism dan sejarahnya

Hipnosis adalah suatu kondisi mental (menurut state theory) atau diberlakukannya peran imajinatif (menurut non-state theory) Orang yang melakukan proses hipnosis (memberikan sugesti) terhadap subjek disebut hipnotis (bahasa inggris:hypnotist). Hipnosis biasanya disebabkan oleh prosedur yang dikenal sebagai induksi hipnosis, yang umumnya terdiri dari rangkaian panjang instruksi awal dan sugestiSugesti hipnosis dapat disampaikan oleh seorang hipnotis di hadapan subjek, atau mungkin dilakukan sendiri oleh subjek (Self-hipnosis). Penggunaan hipnosis untuk terapidisebut hipnoterapi, sedangkan penggunaannya sebagai bentuk hiburan bagi penonton dikenal sebagai Stage hipnosis. [wikipedia]

Lalu bagaimana dengan hypno Mesmerism? Mari langsung saja menuju inti; Yaitu Mesmerism dan berbagai fenomena terkait akan keilmuan ini.

Adalah FRANZ FRIEDRICH ANTON MESMER yang dari namanya saja kita dengan mudah bisa mengetahui bahwa ialah tokoh di balik keilmuan ini. Dilahirkan di IZNANG, Jerman pada 23 Mei 1747. Mesmer bertumbuh menjadi seorang dokter yang menyukai dunia astronomi. Ia mempelajari pengobatan di Universitas Wina pada tahun 1759, dan kemudian menerbitkan disertasi doktoralnya yang dalam bahasa latin dikenal sebagai DE PLANETARUM INFLUXU IN CORPUS HUMANUM atau diterjemahkan sebagai ‘pengaruh planet pada tubuh manusia’. Dalam bahasannya, ia memaparkan pengaruh dari bulan dan planet pada tubuh manusia, terutama pada kesehatan.

Dalam perkembangannya kemudian Mesmer menyimpulkan ada sebuah ALIRAN MAGNETIS semesta tidak kasat mata. Menyelimuti segala-sesuatu di dunia ini, termasuk dalam tubuh manusia. Memahami cara kerja aliran magnet ini akan memungkinkan kita mengendalikannya, dan ketika digunakan dalam konteks pengobatan maka mampu menyembuhkan penyakit dalam waktu cepat.

Pada tahun 1774, Mesmer melakukan percobaan penyembuhan menggunakan media magnet pada seorang pasien bernama FRANSISCA ÖSTERLIN, yang mengidap penyakit histeria. Percobaan tersebut berhasil dan Fransisca tersembuhkan hanya dalam beberapa jam (terapi konvensional di jaman itu biasanya menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menangani kasus sejenis.

Aliran Magnet Alami Hypnosis Mesmerism

Meski demikian, Mesmer mulai meyakini hal lain bahwa dalam proses penyembuhannya. Yaitu bahwa magnet bukanlah media utama penentu kesembuhan. Melainkan dirinya sendiri yang melalui sebuah proses pemusatan pikiran, ternyata bisa menjadi penyalur aliran magnet semesta. Ia pun meninggalkan magnet dan menjadi penyembuh yang hanya menggunakan sumber daya tubuhnya sendiri.

Mesmer mulai mempraktekkan teknik penyembuhan ini ke khalayak luas. Dan hal ini melejitkan namanya karena banyak keberhasilan-kesembuhan terjadi. Namun, di sisi lain hal ini tak urung memicu kontroversi di banyak kalangan, terutama di kalangan medis yang merasa dirugikan oleh Mesmer.

Dengan kontroversi tersebut, wajar jika tak banyak orang yang bisa akrab dengannya. Namun ada satu tokoh yang cukup dekat dengan Mesmer, yang bernama CHARLES D’ESLON. Dimana kemudian hari turut menjadi tokoh yang menyuarakan pemikiran Mesmer, karena ia cukup dekat dengannya dan mempraktekkan keilmuan ini.

Eslon mengungkapkan bahwa; Mesmer meyakini kesehatan seseorang ditentukan dari aliran magnetis dalam dirinya. Jika aliran magnetis ini mengalir lancar, maka seseorang akan sehat dan jika terhambat maka ia akan mengalami berbagai penyakit. Tergantung kadar kemacetan alirannya. Dengan keilmuan Mesmerism kita bisa membebaskan aliran yang terhambat ini dan kesembuhan pun terjadi. Di kemudian hari konsep ‘aliran magnetis’ ini dikenal sebagai ‘ENERGI’, yang dalam banyak bahasa dikenal secara berbeda (Qi di Cina, Prana di India dan banyak lagi).

Era Mundurnya Hypnosis Mesmerism

Pada tahun 1784, Raja LOUIS XVI menunjuk empat orang sebagai komisi penyelidik fenomena magnetism yang dipraktekkan Elson. Komisi ini meminta Raja Louis untuk menunjuk lima orang tambahan dari ROYAL ACADEMY OF SCIENCE untuk mendukung kinerja mereka. Penunjukkan ini termasuk melingkupi ANTOINE LAVOISIER (ahli kimia), JOSEPH-IGNACE GUILLOTIN (ahli kejiwaan), JEAN SYLVAIN BAILLY (ahli astronomi) dan BENJAMIN FRANKLIN (duta besar Amerika).

Komisi ini melakukan penyelidikan atas praktek Mesmerism, terutama untuk membuktikan keberadaan ‘aliran magnetis’ yang ia suarakan. Sayangnya, saat itu pemahaman akan ‘energi’ belumlah muncul. Sehingga konsep aliran magnetis yang Mesmer perkenalkan ditafsirkan sebagai cairan (fluida) yang bersifat fisik (kasat mata).  Hal ini membuat teori Mesmer dianggap tak beralasan karena dilakukan dengan cara apa pun keberadaan cairan ini tidak dapat ditemukan dalam tubuh manusia.

Ditambah lagi penyelidikan ini bukan dilakukan pada Mesmer langsung sebagai penemunya, melainkan kepada Elson sebagai praktisi yang belajar pada Mesmer, yang tentu kesulitan menjelaskan secara detail dibandingkan Mesmer.

Akhirnya komisi penyelidik menyimpulkan bahwa penyembuhan yang dilakukan menggunakan Mesmerism-Magnetism hanyalah pengaruh dari imajinasi semata (efek placebo). Yang tidak diketahui banyak orang, salah satu komisioner bernama ANTOINE LAURENT  DE JUISSIEU sebenarnya menuliskan catatan pribadi yang berlawanan dengan komisioner lain, ia menyatakan bahwa sebenarnya teori Mesmerism adalah kredibel adanya dan layak diselidiki lebih jauh.

Keterbatasan data dari penyelidikan dan ditambah dengan adanya konflik kepentingan dari beberapa praktisi medis yang merasa prakteknya dirugikan oleh Mesmer berujung pada disudutkannya Mesmer dan ia pun memutuskan menarik diri. Di kemudian hari para murid Mesmer-lah, seperti ARMAND-MARIE-JACQUE DE CHASTENET dan MARQUIS DE PUSYEGUR yang meneruskan perkembangan keilmuan ini dan membentuk komunitas khusus pelestari keilmuan Mesmerism.

Hypnosis Mesmerism di Era Hipnosis Modern

Seiring dengan meredupnya nama Mesmer ketika ia menarik diri, terutama  semenjak ia meninggal, berbagai percobaan dilakukan oleh banyak praktisi untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi dalam fenomena ‘perpindahan kesadaran’ (altered state of consciousness), dalam dunia hipnosis kita mengenalnya sebagai trance/TRANS.

Kesimpulan utama yang diperoleh saat itu adalah bahwa fenomena perpindahan kesadaran tidaklah terjadi karena adanya intervensi dari praktisi yang memfasilitasinya, melainkan karena subjek atau klien sendiri yang MENGIJINKAN dan MENGINGINKAN hal itu terjadi.

Selama beberapa tahun awal perkembangannya, para praktisi masih menggunakan metode yang digunakan Mesmer, seperti tatapan mata dan lambaian tangan, sampai ketika titik pengembangan keilmuan ini difokuskan pada eksplorasi penggunaan sugesti verbal, mulailah teknik tradisional Mesmer ditinggalkan secara bertahap.

Kelak, perkembangan hipnosis modern yang dipionirkan Milton Erickson, Dave Elman dan banyak murid-muridnya semakin memperlebar jurang antara hipnosis modern berbasis sugesti verbal dan keilmuan Mesmerism yang di kala itu pun tetap dipraktekkan dan dikembangkan secara sembunyi-sembunyi oleh pelestarinya. Kurangnya penelitian dan terbatasnya data kemajuan teknologi yang ada saat itu memang membuat keilmuan ini terlihat seperti ilmu mistis yang jika penggunanya salah menempatkan diri akan memicu munculnya stigma negatif di lingkungannya.

Pewaris dan pengembang Hypnosis Mesmerism modern

Kita kembali ke masa dimana keilmuan Mesmerism mulai seolah ‘hilang dari peredaran’ dan hipnosis modern mulai diterima kalangan medis. Seorang akademisi lulusan TURIN UNIVERSITY, ITALI, bernama MARCO PARET sangatlah tertarik pada fenomena psikologi kuantum dan level-level kesadaran dalam diri manusia. Ia mempelajari berbagai keilmuan teknologi pikiran modern seperti hipnosis, hipnoterapi dan Neuro-Linguistic Programming (NLP) dan menjadi tokoh pionir di Eropa dalam keilmuan-keilmuan ini.

Pencariannya atas keilmuan teknologi pikiran ini berlanjut sampai kemudian ia bertemu dengan VIRGILLIO TORIZZANO, salah seorang pelestari keilmuan Mesmerism yang kelak menjadi salah satu guru Dr. Paret yang mewariskan keilmuan mesmerism ini padanya. Seolah memang ‘berjodoh’ dengan keilmuan ini Dr. Paret dipertemukan dengan beberapa pewaris dan pelestari lain keilmuan ini, salah satu yang terkenal yaitu Professor ERMINIO DE PISA, yang dikenal fenomenal karena menyembuhkan banyak penyakit fisik-non fisik dengan tatapan matanya (dalam sehari Profesor Erminio bisa mengobati ratusan klien dan sering kali hasil permanen terjadi dalam 2-3 sesi), tekniknya sendiri kelak dikenal sebagai DI PISA’S METHOD, untuk mengenang jasanya.

Di tangan Dr. Paret, Mesmerism seolah ‘TERLAHIR KEMBALI’, pengetahuannya yang luas tentang keilmuan teknologi pikiran modern ditambah pencarian mendalamnya akan tradisi kuno Mesmerism membuatnya mampu memetakan keilmuan ini dari sudut pandang modern yang ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan, serta distrukturkan sesuai dengan dinamika kebutuhan modern dewasa ini ia pun dikenal sebagai ‘FATHER OF MESMERISM – REBIRTHING’, yang mempionirkan kembali penggunaan MESMERISM & FASCINATION© versi orisinil.

Mengapa ada kata ‘orisinil’ di atas tadi? Karena dalam Mesmerism kita bukan hanya mempelajari terapan teknis dari keilmuan ini, melainkan didahului oleh pemahaman FILOSOFIS akan TRADISI KUNO peradaban manusia tentang fenomena kesadaran dan pengetahuan unsur-unsur alami dalam diri, ditambah lagi adanya pembelajaran tentang ‘penggunaan simbol kolektif’ sebagai media pemberdayaan kesadaran. Di mata orang yang berpikir pendek, pengetahuan yang setengah-setengah akan keilmuan ini akan membuatnya nampak bersifat mistis, namun ketika dipelajari dengan tepat sesungguhnya di dalamnya tersimpan cakrawala pengetahuan yang luas tentang keilmuan pikiran dan kesadaran manusia.

Teori ilmiah di balik Hypnosis Mesmerism

Kita cukupkan dulu pengantar sejarah tentang keilmuan ini, waktunya kita membahas hal yang bersifat praktikal, yaitu cara kerja Mesmerism dari sudut pandang ilmiah. Sebagaimana sudah Anda ketahui di Artikel TENTANG HIPNOTERAPI, secara sederhana ada 2 level kesadaran dalam pikiran manusia, yaitu PIKIRAN SADAR (conscious mind) dan PIKIRAN BAWAH SADAR (subconcsious mind), jika Anda sama sekali tidak familiar dengan keilmuan hipnosis saya sarankan Anda membaca artikel tersebut terlebih dahulu.

Yang belum dibahas dalam artikel itu adalah adanya keberadaan satu level kesadaran lagi, yang dikenal sebagai PIKIRAN TIDAK SADAR (unconscious mind), level kesadaran ini memang hampir tidak pernah dibahas dalam keilmuan hipnosis modern, selain sebagai pelengkap semata. Unconscious mind lebih umum dikenal sebagai bagian dari pikiran yang mengendalikan fungsi ragawi tubuh, seperti denyut jantung, peredaran darah dan fungsi fisiologis lainnya. Yang tidak banyak orang ketahui adalah bahwa di level unconscious mind juga terletak kesadaran murni manusia, hal ini tak lain karena unconscious mind dikenal sebagai bagian dari kesadaran yang sifatnya paling PRIMITIF atau KUNO, simbol dari kesadaran murni manusia yang pertama kali ada dan belum terkotori oleh dinamika masalah kehidupan.

Mengapa level ini hampir tidak pernah dibahas? Tak lain dan tak bukan karena cara kerjanya yang SULIT DIAKSES. Ya, unconscious mind berkomunikasi dengan cara yang tak lazim, bukan dengan bahasa verbal yang bisa dimengerti oleh kita, karena sifat mendasarnya yang primitif. Lalu dengan cara apa bagian ini terakses dan berkomunikasi? Yaitu melalui SIMBOL.

Tunggu dulu, apa lagi ini? Simbol? Apa lagi maksudnya? Demikian sebagian orang berkata dalam hati, tenang saja, di bawah ini Anda akan temukan penjelasannya.

Symbolic Communication dari unconsious mind

Membicarakan simbol berarti membicarakan FUNGSI KOMUNIKASI TERTUA dalam sejarah PERADABAN. Pada dasarnya manusia dilahirkan dalam kondisi belum memahami penggunaan bahasa verbal, kalau pun kemudian hari kemampuan berbahasa berkembang mengikuti kebiasaan berbahasa di kelompok kita tinggal, masih ada ‘celah komunikasi’ yang muncul ketika berkomunikasi dengan orang lain yang tidak sekelompok, disinilah muncul penggunaan bahasa simbolis pertama kali untuk menyampaikan pesan dalam bentuk VISUAL: BAHASA TUBUH.

Jika kita coba telaah, penggunaan bahasa tubuh selalu dibarengi penggunaan suara sebagai media meningkatkan kekuatan pesan, contohnya saja Anda tentu memahami secara universal bahwa ketika seseorang berkata “Sssshhhhhtttt…” maka hal itu adalah tanda untuk diam, tenang atau memelankan suara, inilah simbol berikut yang dihadirkan dalam bentuk AUDITORY.

Simbol visual dan auditory tentu cukup mudah dipahami, namun apakah hanya dua itu saja? Tidak, masih ada satu lagi simbol maha dahsyat yang merupakan gabungan dari keduanya: KINESTETIK. Simbol kinestetik lebih mengacu kepada ‘perasaan’ atau ‘firasat’, ketika seseorang ingin menyampaikan sebuah pesan pada orang lain yang berbeda bahasa maka pikirannya menyuarakan suara-suara dalam bahasanya sendiri dan gambaran akan maksud pesannya tersebut, gabungan dari suara dan gambar tersebut melahirkan getaran (biasa disebut VIBRASI) yang beresonansi pada orang yang kita ajak berkomunikasi, yang diterimanya dalam bentuk ‘intuisi’ tentang isi pesan yang kita sampaikan, pesan ini kemudian diterima oleh unconsious mind-nya dan akhirnya diteruskan ke conscious mind-nya.

Mekanisme penyembuhan dengan Hypnosis Mesmerism

Berdasarkan sedikit keterangan tentang penggunaan simbol di atas, maka sedikit banyak sudah teruraikan mekanisme PENYEMBUHAN berbasis Mesmerism dan perbedaannya dengan hipnosis. Dalam hipnosis kita berkomunikasi dengan pikiran sadar pada awalnya, lalu perlahan-lahan turun ke bawah sadar untuk melakukan intervensi dan baru naik lagi ke pikiran sadar dengan hasil yang baru.

Dalam Mesmerism yang terjadi adalah kita MENGAKSES PIKIRAN TIDAK  SADAR seseorang untuk berkomunikasi, ketika bagian ini terakses kita langsung melakukan intervensi disana sesuai kebutuhan dan setelahnya barulah kembali ke pikiran sadar.

Fenomena yang terjadi berbeda dengan sesi hipnoterapi. Jika dalam sesi hipnoterapi formal klien memejamkan mata seperti tertidur dan berada di kesadaran yang nampak sekali berbeda, dalam Mesmerism sering kali terapi dilakukan dalam kondisi duduk biasa, berdiri dan bahkan ada kalanya sambil membuka mata biasa. Berbeda dengan teraksesnya subconscious mind secara penuh, teraksesnya unconscious mind secara penuh tidak selalu ditunjukkan dengan lemas atau memejamkan mata, selama unconscious mind sudah menangkap makna simbol-simbol yang kita tunjukkan melalui bahasa tubuh, suara dan vibrasi maka ia akan menyesuaikan kondisinya sendiri untuk berubah.

Jika kondisi trance dalam hipnosis dikenal sebagai HYPNOTIC-TRANCE, kondisi trance dalam Mesmerism dikenal sebagai MESMERIC-TRANCE. Lalu apakah ada jenis Mesmeric Trance yang menyerupai Hypnotic Trance dengan cirinya yang seperti seolah rileks dan berpindah kesadaran seperti hipnosis? Ada, di bawah ini akan kita temukan jawabannya.

Ragam penyembuhan berbasis Hypnosis Mesmerism

Sebelum membahas ragam penyembuhan yang ada, pertanyaannya adalah: apakah ada yang harus dilakukan oleh seorang praktisi Mesmerism secara rutin untuk berlatih? Jawabannya adalah: YA. Berbeda dengan hipnoterapi yang mengandalkan sugesti verbal, sugesti non-verbal Mesmerism sangatlah mengandalkan KUALITAS VIBRASI atau medan energi praktisi penggunanya, maka ada rangkaian LATIHAN PERNAFASAN dan PEMUSATAN PIKIRAN yang harus dilakukan rutin untuk mempertahankan kualitas vibrasi ini, termasuk memahami penggunaan simbol visual, auditori dan kinestetik yang dibutuhkan.

Dalam melakukan penyembuhan, praktisi Mesmerism mengandalkan INTUISI-nya yang muncul untuk menerapkan teknik yang diperlukan sesuai kebutuhan unconcsious mind subjek yang ditanganinya, kemampuan intuisi ini pun bukan muncul dalam sekejap melainkan melalui rangkaian latihan rutin.

Ada banyak teknik penyembuhan Mesmerism, yang menggunakan simbol suara contohnya yaitu SOUND HEALING dengan menggunakan banyak karakter suara untuk memunculkan respon berbeda dari unconscious mind. Yang menggunakan simbol bahasa tubuh adalah paling banyak, ditandai dengan banyaknya teknik Mesmerism yang menggunakan gerakan tangan seperti kibasan dengan pola tertentu.

Penyembuhan Mesmerism yang mengakses kondisi seperti serupa dengan hypnotic-trance pun ada, biasanya hal ini digunakan untuk meregenerasi daya penyembuhan alami tubuh dalam KONDISI KRISIS MESMERIK (MESMERIC CRISIS STATE) dan melepaskan hambatan-hambatan magnetis dalam tubuh, bedanya dengan hipnoterapi dalam kondisi ini tubuh subjek biasanya bergerak sendiri melepaskan hambatan-hambatan internalnya.

Ada juga teknik lain yang tidak mensyaratkan crisis state yang terlalu dalam, seperti Campanelli’s Method, Faria’s Method dan banyak lagi. Terlepas dari jenis simbol suara atau bahasa tubuh yang digunakan, praktisi Mesmerism haruslah mempertahankan vibrasi yang ia pancarkan karena simbol kinestetik inilah yang beresonansi konstan dengan unconscious mind subjek.

Teknik Fascination dan Universal Symbol dalam Mesmerism

Satu hal  yang khas dalam Mesmerism setelah dikembangkan oleh Dr. Marco Paret adalah digunakannya teknik TATAPAN MATA atau dikenal sebagai FASCINATION. Tidak semua teknik Mesmerism menggunakan Fascination, CAMPANELLI’S METHOD contohnya, adalah salah satu teknik yang tidak menggunakan Fascination.

Namun lebih banyak teknik lain yang menggunakannya, hal ini dikarenakan Fascination memberikan keunggulan tersendiri. Ketika seorang praktisi Mesmerism memiliki vibrasi dan daya tatapan yang kuat (ini pun perlu dilatih) maka tatapan mata yang ditujukan ke mata subjek akan langsung beresonansi dengan unconscious mind subjek, di titik ini seorang praktisi Mesmerism seolah ‘masuk’ ke dalam diri subjek melalui tatapan mata dan membantu penyembuhan dari dalam.

Di konteks lain, penggunaan Fascination digunakan juga untuk meng-install simbol tertentu ke dalam unconcsious mind seseorang.

Bingung? Tenang saja, yang satu ini memang belum dibahas.

Satu lagi aspek penggunaan simbol dalam Mesmerism adalah menggunakan simbol tertulis yang bersifat kolektif-universal. Begini, dalam pemahaman KETIDAK SADARAN KOLEKTIF (COLLECTIVE UNCONSCIOUS MIND), pikiran manusia terhubung dengan sebuah pemahaman universal yang sama antara satu orang dengan yang lainnya, yang dengan mudah terangkum dalam makna-makna simbolis yang bersifat universal. Meski pikiran sadar tidak memahaminya namun pikiran tidak sadar tetap memahami dan menjalankan makna simbol tersebut (jika Anda tertarik akan hal ini buku ‘THE BOOK OF SYMBOL‘ dari TASCHEN akan menjadi referensi menarik).

Disinilah pemahaman praktisi Mesmerism akan filosofi dan tradisi kuno komunikasi simbolis diperlukan. Selepas sesi penyembuhan berlangsung, seorang praktisi Mesmerism biasanya memahami kebutuhan UNSUR ALAMI dalam diri klien yang perlu diseimbangkan, misalnya unsur matahari, bulan, cahaya, air, tanah dan atau unsur-unsur lainnya, untuk menyeimbangkannya maka praktisi Mesmerism bisa membantu menggambarkan simbol yang diperlukan oleh unconscious mind dan melalui serangkaian teknik tertentu simbol ini bisa di-install ke dalam diri subjek agar membantu proses penyeimbangan unsur dari dalam.

Anda yang tertarik dengan tehnik mesmerism dapat mengikuti Neurolism Class

2 komentar untuk “Hypnosis Mesmerism; Cara Kerja Dan Sejarahnya”

    1. Kuncinya adalah kondisi emosi dan mental pak. Kondisi emosi dan mental yang konfident mampu menginduksi manusia. Dimana kondisi ini akan ditangkap oleh intuisi yang kemudian diterjemahkan menjadi instruksi sehingga menginduksi sistem syaraf dalam tubuh manusia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top