sound healing

Apa Itu Sound Healing & Cara Kerjanya

Tidak begitu susah untuk membuktikan manfaat Sound Healing dalam kehidupan manusia. Saat anda mendengar musik atau lagu yang di gemari, maka secara otomatis kondisi emosi dan mental anda berubah. Anda bisa lebih bersemangat, relaks, senang, dan berbagai hal positif lainnya. Dan Sound Healing bekerja lebih spesifik dari itu.

Sound Healing; Suara telah digunakan dalam berbagai budaya selama ribuan tahun sebagai alat untuk penyembuhan. Baik melalui penggunaan mantra seperti dengan Hindi, Icaros (melodi obat) dari berbagai masyarakat Adat dari Amerika Tengah dan Selatan, atau penggunaan interval dan frekuensi Pythagoras, berbagai teknik ini semuanya memiliki tujuan yang sama: untuk memindahkan kita dari tempat ketidakseimbangan ke suatu tempat keseimbangan.

Bagaimana cara kerjanya Sound Healing?

Suara membantu memfasilitasi pergeseran dalam keadaan gelombang otak kita dengan menggunakan entrainment. Entrainment menyinkronkan gelombang otak kita yang berfluktuasi dengan menyediakan frekuensi stabil yang dapat diserap oleh gelombang otak. Dengan menggunakan ritme dan frekuensi, kita dapat melatih gelombang otak kita dan kemudian menjadi mungkin untuk mengubah keadaan beta normal kita (kesadaran sadar normal) menjadi alpha (kesadaran santai), dan bahkan mencapai theta (keadaan meditasi) dan delta (tidur; di mana penyembuhan internal dapat terjadi).

Konsep yang sama ini digunakan dalam meditasi dengan mengatur nafas, tetapi dengan suara dengan frekuensi juga mampu mempengaruhi pergeseran.

Seperti apa itu Sound Healing?

Terapi suara (Sound Healing) adalah pengalaman pasif dan partisipatif. Aspek pasifnya adalah Anda menjadi lebih santai dengan berbaring dan memperlambat napas Anda. Dengan melakukan ini, Anda mempersiapkan diri untuk menjadi penerima suara. Di tempat keheningan inilah Anda berpartisipasi dengan menjadi lebih terbuka dan sadar akan setiap suara yang masuk. Suara membantu menciptakan jalan menuju tempat keheningan yang sama seperti mantra membantu Anda untuk tiba di titik meditasi yang tenang.

Beberapa alat yang saya gunakan adalah suara, drum, garpu tala, dan mangkuk bernyanyi Himalaya. Penting untuk dicatat bahwa kesadaran memainkan peran besar dalam penyembuhan kita sendiri. Saya menemukan bahwa tonjolan vokal adalah praktik yang luar biasa kuat yang memberi kita kemampuan untuk menyempurnakan alat vibrasi terbesar kita: tubuh kita sendiri. Saya selalu mendorong klien untuk menggabungkan latihan pernapasan yang sederhana, tetapi efektif dan latihan vokal toning dalam rutinitas sehari-hari mereka, untuk membantu membawa rasa keseimbangan yang lebih besar ke dalam hidup mereka.

Bagaimana kita mendefinisikan tubuh energik?

Jika kita mampu mengubah perspektif kita, kita dapat mengubah hubungan kita dengan masalah yang mungkin menghalangi kita untuk mengalami homeostasis optimal kita. Suara tidak hanya membantu dengan mendorong relaksasi, tetapi juga memiliki cara bergerak melalui area penyumbatan. Area penyumbatan energik ini dapat ditemukan di tubuh fisik kita, tubuh halus kita, atau keduanya.

Tubuh fisik adalah tempat kita mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan lokal. Dengan menggunakan garpu tala, terutama garpu tala hidrofonik (mereka bergetar pada frekuensi yang lebih rendah), kita dapat merangsang pelepasan Nitrat Oksida, molekul radikal bebas yang telah terbukti berdampak positif terhadap transmisi dan kontrol nyeri. Yang, singkatnya, berarti bahwa frekuensi ini membantu menciptakan reaksi fisiologis, sementara suara itu sendiri membantu mempengaruhi sistem pendengaran kita, memungkinkan kita untuk memodifikasi hubungan kita dengan rasa sakit.

“Tubuh halus” kita adalah tubuh kita yang energik. Tubuh ini adalah tempat energi gaya hidup kita ada, biasanya disebut sebagai Qi, Chi atau prana. Dalam pengobatan Cina, titik-titik meridian digunakan untuk menentukan daerah-daerah yang telah membatasi aliran energik ke tubuh fisik dan halus kita. Tubuh diketahui memiliki ribuan garis meridian yang dipetakan melalui tubuh, dengan cara yang sama kita memetakan garis lintang dan garis bujur bumi.

Tubuh halus memegang ketidakseimbangan dan trauma yang akhirnya dapat bermanifestasi dalam tubuh fisik kita, itulah sebabnya penting untuk melihat penyembuhan dan keseimbangan tidak hanya dari perspektif fisik, tetapi sebagai pengalaman holistik lengkap yang mencakup pikiran, tubuh dan jiwa.

Suara memiliki kemampuan untuk secara positif mempengaruhi seluruh keberadaan kita. Eileen McCusick, penulis Tuning The Human Biofield, telah menjelajahi teori bahwa tubuh halus kami bertindak sebagai penyimpanan memori. Misalnya, sebatang pohon memiliki cincin yang menjulur ke luar saat pohon tumbuh. McCusick menunjukkan bahwa tubuh halus kita memperluas dan menyimpan pengalaman hidup kita dengan cara yang sama. Jika kita menerapkan frekuensi dengan garpu tala kita dapat membantu energi yang terblokir dari pengalaman masa lalu bergerak menuju sistem penyaringan energik setiap chakra, sehingga energi yang terjebak dapat didaur ulang kembali ke dalam kekuatan hidup kita.

Apa yang dilakukan Sound Healing?

Menggunakan suara sebagai terapi dapat memberikan hasil untuk berbagai masalah termasuk:

  • Gangguan tidur
  • Kegelisahan
  • Depresi
  • Manajemen stres
  • PTSD
  • Depresi
  • Manajemen nyeri

Suara dari faktor lingkungan

Penting untuk mempertimbangkan jenis suara apa yang kita ambil dari lingkungan hidup kita. Siapa pun yang tinggal di kota besar tahu pasti bagaiman sakitnya suara kereta api yang menjerit masuk  ke gendang telinga. Suara yang nyaring dapat meningkatkan potensi stres kita, menciptakan ketidakseimbangan dalam sistem saraf kita, menurunkan kekebalan kita dan dalam kasus yang ekstrim, menyebabkan kehilangan pendengaran.

Dan, suara sehari-hari yang teratur dapat menjadi lebih besar dan berkontribusi pada siklus umpan balik dari stres, yang semakin memperkuatnya. Dengan menggunakan teknik terapi suara, kita bisa menjadi pendengar yang lebih baik dan lebih sadar akan suara yang kita ambil.

Banyak dari kita sudah memiliki pemahaman yang cukup bagus tentang manfaat makan sehat, dan hal yang sama dapat terjadi pada suara. Ini adalah contoh lain di mana praktik mindfulness seperti melantunkan dan vokal toning, dapat membantu kita untuk menemukan pusat dan merasa beralasan. Dengan demikian, ketika kita memiliki momen-momen pemicu stres, kita mungkin lebih siap untuk menghargai dan membedakan suara lebih sebagai simfoni unik kita sendiri terus-menerus terjadi di sekitar kita, daripada merasa kewalahan oleh hiruk-pikuk acak.

Tubuh, pikiran, dan jiwa kita selalu ingin bergerak ke arah keseimbangan, namun kita sering memiliki terlalu banyak stimulus dan kebisingan luar dan tidak cukup waktu untuk mendedikasikan diri, yang dapat mencegah kita mencapai keadaan harmoni yang lebih baik. Suara memiliki cara untuk membantu kita mencapai sumber kedamaian batin yang kita semua inginkan.

Sumber; MBGMindfulnes

Manfaat Sound Healing menjadi salah satu element dalam audio SACRAL STATE – Neurolism Transformation Project

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *