Apa itu neuron

Apa itu neuron?

Apa itu neuron? Neuron (juga disebut neurones atau sel saraf), adalah unit dasar otak dan sistem saraf. Ini adalah sel yang bertanggung jawab untuk menerima input sensorik dari dunia luar. Untuk kemudian, mengirimkan perintah motorik ke otot kita. Dan untuk mengubah serta, menyampaikan sinyal listrik di setiap langkah di antara keduanya.

Lebih dari itu, interaksi mereka, menentukan siapa kita sebagai manusia. Karena itu, sekitar 100 miliar neuron saling berinteraksi erat dengan tipe sel lain. Secara luas, diklasifikasikan sebagai glia (jumlah neuron ini, sebenarnya lebih dari itu, meskipun tidak benar-benar diketahui).

Proses terbentuknya neuron baru di otak, disebut neurogenesis. Dan, ini dapat terjadi. Bahkan pada orang dewasa.

Seperti apa bentuk neuron?

Analogi yang mendekati, untuk menggambarkan neuron, menyerupai pohon. Neuron memiliki tiga bagian utama: dendrit, akson, dan sel tubuh atau soma (lihat gambar di bawah). Masing-masing dapat direpresentasikan sebagai cabang, akar, dan batang pohon.

Dendrite (cabang pohon), adalah tempat neuron menerima input dari sel lain. Dendrit bercabang, ketika bergerak ke arah ujungnya. Sama seperti cabang-cabang pohon. Mereka, bahkan memiliki struktur seperti daun di atasnya, yang disebut duri.

Akson (akar pohon) adalah struktur keluaran dari neuron; ketika neuron ingin berbicara dengan neuron lain, neuron mengirimkan pesan listrik. Ini disebut potensial aksi di seluruh akson. Soma (batang pohon) adalah tempat bagian inti, terletaknya DNA neuron disimpan. Di mana protein dibuat untuk diangkut sepanjang akson dan dendrit.

apa itu neuron, defenisi, dan cara kerjanya.
Struktur seperti pohon dari neuron. Duri dendritik adalah struktur kecil yang menerima input dari akson neuron lain. Gambar kanan bawah: segmen dendrit tempat duri bercabang, seperti daun dari dahan pohon. Perhatikan ukurannya yang sangat kecil (~ 0.001mm). (Gambar: Alan Woodruff; De Roo et al / CC BY-SA 3.0 via Commons)

Ada berbagai jenis neuron, baik di otak dan sumsum tulang belakang. Mereka umumnya dibagi sesuai dengan di mana mereka memulai, di mana mereka memproyeksikan ke mana, dan neurotransmiter yang mereka gunakan.

Konsep dan definisi Apa Itu Neuron

Axon Struktur panjang dan tipis, tempat potensi aksi dihasilkan; bagian transmisi neuron. Setelah inisiasi, potensi aksi turun akson, menyebabkan pelepasan neurotransmitter.

Dendrite – Bagian penerima neuron. Dendrit menerima input sinaptik dari akson. Jumlah total input dendritik, menentukan apakah neuron akan menembakkan potensial aksi.

Spine (Tulang belakang) – Tonjolan kecil yang ditemukan pada dendrit yang, bagi banyak sinapsis, adalah situs kontak postsynaptic.

Potensi aksi – Kejadian listrik singkat yang biasanya, dihasilkan dalam akson yang memberi sinyal neuron sebagai ‘aktif’. Potensi aksi bergerak sepanjang akson. Mnyebabkan pelepasan neurotransmitter ke sinaps. Potensi aksi dan pelepasan konsekuen, memungkinkan neuron untuk berkomunikasi dengan neuron lain.

Lanjut halaman → 2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top