Tehnik & Cara Kerja Hipnosis

Tehnik & Cara Kerja Hipnosis

Pertama, hipnosis adalah kondisi alamiah pada manusia. Praktek-praktek yang dilakukan, baik dalam pertunjukan, penyembuhan, hingga eksplorasi bawah sadar, pada dasarnya hanya memanfaatkan mekanisme tersebut. Kita akan melihat lebih jauh tentang; cara kerja hipnosis.

FAQs Hipnosis

Artikel ini cukup panjang. Terdiri dari beberapa bagian. Untuk memudahkan dalam mendefenisi materi hipnosis itu sendiri. Namun sebelum memasuki materi utama, saya akan menjawab beberapa pertanyaan umum terkait praktik hipnosis.

Apa itu hipnosis?

Dalam istilah yang paling sederhana, hipnosis adalah teknik relaksasi. Di mana orang yang dihipnosis mengikuti langkah-langkah untuk mencapai tingkat konsentrasi dan relaksasi tinggi. Ini disebut “keadaan hipnotis,” dan mirip dengan melamun, atau perasaan kehilangan jejak waktu yang Anda alami setelah mengemudi untuk waktu yang lama (yang disebut “highway hypnosis“).

Dalam kondis di bawah hipnosis, sebenarnya, Anda tetap sadar dan terkendali. Tapi Anda santai dan sangat fokus. Ini memungkinkan Anda untuk menghilangkan rangsangan di sekitar. Dalam kondisi ini, pikiran sangat responsif terhadap sugesti.

Apa itu hipnosis, akan dijelaskan secara secara mendasar, dalam artikel ini. Jadi teruslah membaca..

Apa perbedaan hipnosis dan hipnotis?

Sebagian besar orang, tidak dapat membedakan penggunaan kata; hipnosis dan hipnotis. Dan menganggap bahwa keduanya sama. Bahkan sebagai malah menggunakan kata hipnotis untuk mengungkapkan hipnosis.

Hipnotis digunakan untuk menyebutkan orang yang melakukan tindakan hipnosis. Pelaku yang melakukan tindakan untuk menghipnosis orang, disebut HIPNOTIS!

Anda kenal, Romi Rafael? Nah, dia bisa Anda sebut sebagai Hipnotis. Sementara proses secara menyeluruh yang membuat orang tertidur itu, disebut dengan hipnosis.

Analoginya; gitar = hipnosis. Dan tukang gitarnya, disebut; gitaris = hipnotis. Piano itu adalah objeknya, dan pelaku yang bermain piano disebut Pianis. Biola adalah alatnya, dan pelaku yang bermain Biola disebut; Violinist atau di Indonesia disebu Pebiola.

Sampai sini, saya harap sudah dapat difahami perbedaan antara Hipnotis dan hipnosis.

Nah.. artikel dengan judul Apa itu Hipnosis atua hipnotis, seperti dibawah ini, telah menyesatkan femahan tentang itu. Dimana seolah menggambarkan bahwa kedua kata itu artinya adalah sama;
apa itu hipnosis dan hipnotis

Bagaimana langkah-langkah hipnosis?

Langkah-langkah hipnosis dan bagaimana cara kerjanya, akan segera Anda ketahui melalui artikel ini.

Apa itu Sugesti dalam hipnosis?

Sugesti itu adalah saran. Saran dalam bentuk kata-kata verbal, simbol, isyarat, yang disampaikan pada orang ketika dalam kondisi hipnosis.

Apa itu Hipnosis?

Hipnosis adalah kondisi yang dialami. Hipnotis adalah orang yang melakukan tindakan untuk menghipnosis seseorang

Note

Bagi awam, ketika mendengar kata hipnosis, yang tergambar adalah sosok hipnotis misterius yang dipopulerkan dalam film, buku komik, dan televisi. Pria berjanggut yang tak menyenangkan ini, melambaikan arloji saku bolak-balik, membimbing subjeknya ke keadaan semi-tidur, seperti zombie. Setelah dihipnotis, subjek dipaksa untuk patuh, tidak peduli betapa aneh atau tidak bermoralnya permintaan itu. Bergumam, “Ya, tuan,” subjek melakukan tindakan jahat hipnotis.

Representasi populer ini sedikit mirip dengan hipnotisme yang sebenarnya, tentu saja. Bahkan, pemahaman modern tentang hipnosis, bertentangan dengan konsepsi ini. Khususnya, pada beberapa poin penting.

Subjek-subjek dalam trans hipnosis, bukanlah budak bagi “tuan” mereka – mereka memiliki kehendak bebas mutlak. Dan mereka tidak benar-benar dalam kondisi semi-tidur – mereka sebenarnya hiperaktif.

Pemahaman kita tentang hipnosis telah berkembang pesat pada abad-abad belakangan ini. Berkat ilmu pengetahuan. Walaupun sebagian masih beranggapan, bahwa; kondisi trans saat dihipnosis masih dikait-kaitkan dengan kejadian supranatural.

Tapi, rahasia hipnosis belum sepenuhnya terbuka. Fenomena ini masih merupakan semacam misteri. Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa teori populer hipnosis. Dan mengeksplorasi berbagai cara hipnotis dalam menghasilkan karya yang mempengaruhi manusia.

Bagaimana hipnosis terjadi?

Kita akan melihat teori yang paling banyak diterima. Tentang apa yang terjadi, ketika Anda dihipnotis.

Manusia, setiap hari masuk kondisi hipnosis.

Orang-orang telah merenung. Dan memperdebatkan hipnosis. Selama lebih dari 200 tahun. Tetapi sains, belum sepenuhnya menjelaskan bagaimana itu sebenarnya terjadi.

Kita melihat apa yang dilakukan seseorang di bawah hipnosis, tetapi tidak jelas mengapa itu terjadi. Teka-teki ini benar-benar potongan kecil dalam teka-teki yang jauh lebih besar: bagaimana pikiran manusia bekerja. Bagaimana hipnosis bekerja?

Tidak mungkin, bahwa; para ilmuwan akan sampai pada penjelasan yang pasti. Tentang pikiran di masa yang akan datang. Jadi fenomena hipnosis, mungkin akan tetap menjadi misteri juga.

Tetapi psikiater dan para praktisi hipnosis, memahami karakteristik umum hipnosis. Dan mereka memiliki beberapa model, tentang cara kerjanya. Sebuah kondisi trance yang ditandai oleh sugesti ekstrem, relaksasi, dan imajinasi yang tinggi.

Ini tidak benar-benar seperti tidur, karena subjek selalu waspada. Masih dalam kondisi sadar. Masih bisa mendengar kata-kata dari luar. Masih bisa menyadari kondisi dirinya sendiri.

Kondisi hipnosis sering digambarkan dengan kondisi melamun. Atau perasaan “kehilangan diri sendiri”. Begitu sering dideskripsikan dalam buku atau film.

Ketika di hipnosis, Anda sepenuhnya sadar. Tetapi Anda kehilangan sebagian besar sensitivitas rangsangan di sekitar Anda. Anda tenggelam dalam diri Anda. Tenggelam dalam pikiran Anda. Perhatian terfokus pada subjek yang sedang dialami. Hingga hampir tidak ada pemikiran lain.

Diawal sudah dijelaskan, bahwa; hipnosis adalah kondisi alamiah pada manusia. Jadi, secara alamiah, anda sering kali memasuki kondisi hipnosis. Anda sering tersugesti oleh kondisi lingkungan, bahkan oleh asumsi pikiran Anda sendiri. Ya, Anda sering memasuki kondisi trans setiap hari.

Dalam trans sehari-hari, karena melaum atau menikmati film, dunia imajiner tampak agak nyata bagi Anda. Dalam arti bahwa; itu sepenuhnya melibatkan emosi Anda.

Peristiwa imajiner dapat menyebabkan ketakutan, kesedihan, atau kebahagiaan yang nyata. Dan, Anda bahkan dapat tersentak di kursi, jika dikejutkan oleh sesuatu (misalnya hantu yang melompat dari bayang-bayang).

Semua trans seperti itu, dikategorikan sebagai bentuk self-hypnosis.

Milton Erickson, sebagai salah satu ahli hipnotisme pada abad ke-20, berpendapat bahwa; orang menghipnotis diri mereka setiap hari. Tetapi kebanyakan psikiater, fokus pada kondisi trans yang disebabkan oleh relaksasi, yang disengaja dan latihan pemusatan perhatian.

Sehingga memasuki kondisi hipnosis yang dalam. Dan ini sering disebut dengan keadaan mental yang rileks antara terjaga dan tidur.

Dalam hipnosis konvensional, Anda mendengarkan instruksi hipnotis (praktisi hipnosis), atau ide Anda sendiri, seolah-olah itu adalah kenyataan. Jika penghipnotis mengatakan kepada Anda, bahwa; lidah Anda telah membengkak, hingga dua kali ukurannya, Anda akan merasakan sensasi di mulut Anda. Dan Anda mungkin kesulitan berbicara.

Jika praktisi hipnosis mengatakan bahwa Anda minum milkshake cokelat, Anda akan merasakan milkshake. Dan merasakan sensasi rasa dingin di mulut dan tenggorokan Anda. Jika Hipnotis mengatakan bahwa Anda takut, Anda mungkin merasa panik atau mulai berkeringat.

Tetapi sepanjang waktu, Anda sadar bahwa itu semua hanya khayalan. Pada dasarnya, Anda “bermain pura-pura” pada level yang intens, seperti anak-anak. Tenggelam dalam imaginasi.

Dalam kondisi mental khusus ini, orang merasa tanpa hambatan dan santai. Agaknya, ini karena mereka menghilangkan kekhawatiran dan keraguan. Yang biasanya menjaga tindakan mereka. Anda mungkin mengalami perasaan yang sama saat menonton film: Ketika Anda asyik dengan plot, kekhawatiran tentang pekerjaan Anda, keluarga, dll menghilang, sampai semua yang Anda pikirkan adalah apa yang anda tonton.

Dalam kondisi ini, Anda juga mudah mengikuti instruksi. Artinya, ketika penghipnotis memberitahu Anda melakukan sesuatu, Anda mungkin akan menerima gagasan itu sepenuhnya. Inilah yang membuat pertunjukan hipnotis panggung sangat menghibur. Orang dewasa yang masuk akal, yang masuk akal, tiba-tiba berjalan mengitari panggung seperti ayam atau bernyanyi. Takut, malu, sepertinya terbang keluar dari diri Anda.

Namun, keyakinan dan moralitas subjek, tetap tertanam di sepanjang pengalaman. Seorang penghipnotis tidak dapat membuat Anda melakukan sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan. Seperti pindah Agama misal.

Orang-orang telah memasuki trans, tipe hipnosis. Selama ribuan tahun, bahkan sejak manusia Ada. Berbagai bentuk ritual, seperti meditasi, memainkan peran penting dalam agama banyak budaya. Tetapi konsepsi keilmuan ilmiah hipnotisme belum lahir sampai akhir 1700-an. Sehingga, apa yang dialami sebelumnya, belum terdefenisikan, dan dianggap keajaiban..

HYPNOHISTORY AWAL

Baca juga;

Aliran Umum Hipnosis

Aliran pemikiran utama tentang hipnosis, adalah bahwa; itu adalah cara untuk mengakses pikiran bawah sadar seseorang. Secara langsung.

Biasanya, Anda hanya menyadari proses pemikiran, dalam pikiran sadar Anda. Anda secara sadar memikirkan; masalah yang ada tepat di depan Anda. Secara sadar memilih kata-kata saat Anda berbicara. Secara sadar mencoba mengingat, di mana Anda meninggalkan kunci Anda.

Ya.. secara sadar memang begitu konsepnya. Namun, tanpa disadari, ada beberapa sikap/tindakan/keputusan/atau lainnya, yang dilakukan secara tidak sadar. Artinya, dalam menjalani hidup, Anda tidak sepenuhnya sadar.

Dalam melakukan semua hal, pikiran sadar Anda bekerja bahu-membahu dengan pikiran bawah sadar. Bagian bawah sadar dari pikiran Anda, yang melakukan pemikiran “di balik layar”. Pikiran bawah sadar, mengakses sumber informasi yang luas. Yang memungkinkan Anda, memecahkan masalah, menyusun kalimat, atau menemukan kunci Anda. Dan atau, melakukan tindakan refleks atau keputusan spontan.

Ini menyatukan rencana dan ide. Lalu, menjalankannya dengan pikiran sadar. Ketika sebuah ide baru muncul tiba-tiba, itu karena Anda sudah memikirkan prosesnya secara tidak sadar.

Alam bawah sadar Anda juga mengurus semua hal. Yang Anda lakukan secara otomatis. Anda tidak secara aktif bekerja, saat bernapas dari menit ke menit – pikiran bawah sadar Anda lah yang melakukannya.

Anda tidak memikirkan setiap hal kecil yang Anda lakukan saat mengendarai mobil – banyak hal kecil, diproses dalam pikiran bawah sadar. Alam bawah sadar Anda, juga memproses informasi fisik yang diterima tubuh Anda.

Singkatnya, pikiran bawah sadar Anda, adalah otak nyata di balik operasi – ia melakukan sebagian besar pemikiran Anda. Dan itu memutuskan banyak hal yang Anda lakukan.

Ketika Anda bangun, pikiran sadar Anda bekerja. Untuk mengevaluasi banyak dari pikiran-pikiran ini, membuat keputusan dan menerapkan ide-ide tertentu, ke dalam tindakan. Ini juga memproses informasi baru. Dan menyampaikannya ke pikiran bawah sadar. Tetapi ketika Anda tertidur, pikiran sadar istirahat. Dan bawah sadar mengambil alih dan bebas berkuasa.

Para psikiater, berteori bahwa; relaksasi yang mendalam dan latihan fokus hipnotisme, bekerja untuk menenangkan dan menundukkan pikiran sadar. Sehingga, dibutuhkan peran yang kurang aktif dalam proses berpikir Anda.

Dalam keadaan ini, Anda masih sadar akan apa yang terjadi. Tetapi, pikiran sadar Anda cenderung istirahat dan fungsi pikiran bawah sadar yang bekerja. Secara efektif, ini memungkinkan Anda dan penghipnotis untuk bekerja, secara langsung dengan alam bawah sadar. Seolah-olah proses hipnotisme membuka panel kontrol di dalam otak Anda.

James Braid, ahli bedah Skotlandia abad ke-19. Katanya, “hipnotisme” dan “hipnosis” berasal dari istilah kata ‘hypnos’. Dari bahasa Yunani dengan arti “tidur”. Braid dan ilmuwan lain di zaman itu, seperti Ambroise-Auguste Liebeault, Hippolyte Bernheim, dan J.M. Charcot, berteori bahwa; hipnosis bukanlah kekuatan yang ditimbulkan oleh penghipnotis, tetapi kombinasi respons yang dimediasi secara psikologis terhadap sugesti atau instruksi.

ASAL KATA HYPNOSIS

Bagimana sugesti bekerja?

Sugesti adalah semacam informasi, saran, atau instruksi. Biasanya, disampaikan dari hipnotis pada subyek hipnosis.

Sugesti sangat erat kaitannya dengan hipnosis, karena melalui inilah manusia dibimbing masuk kondisi trance.

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa; ketika dalam kondisi trans pikiran sadar, istirahat. Berada dibagian belakang, pikiran bawah sadar. Sehingga, Anda dan hipnotis dapat berkomunikasi langsung dengan alam bawah sadar Anda. Teori ini telah diterima secara luas, di komunitas psikiatris. Terutama, karena ia menjelaskan semua karakteristik utama dari keadaan hipnosis, dengan begitu baik.

Ini memberikan penjelasan yang sangat meyakinkan, untuk melakukan sesuatu tanpa hambatan pada subyek hipnosis. Pikiran sadar adalah komponen penghambat utama, dalam kehidupan Anda – yang bertugas mengerem – sedangkan pikiran bawah sadar, adalah pusat imajinasi dan impuls.

Ketika pikiran bawah sadar Anda memegang kendali, Anda merasa jauh lebih bebas. Dan mungkin lebih kreatif. Karena, pikiran sadar Anda tidak harus menyaring segala sesuatu.

Ketika, orang yang dihipnotis melakukan hal-hal aneh. Seperti itu dengan sukarela. Menurut teori ini, karena pikiran sadar tidak melakukan fungsi penyaringan. Dan menerima semua informasi yang diterima, apa adanya.

Sehingga, seolah, sugesti yang disampaikan penghipnotis, datang langsung dari alam bawah sadar, bukan dari orang lain. Anda bereaksi secara otomatis terhadap impuls dan saran yang disampaikan. Seperti muncul dari pikiran sendiri.

Tentu saja, pikiran bawah sadar Anda, memang memiliki rules, naluri untuk bertahan hidup dan ide-idenya sendiri, jadi ada banyak hal yang tidak akan disetujui. Sugesti tidak bekerja efektif ketika melanggar rules yang tertanam dalam pikiran Anda.

Alam bawah sadar mengatur sensasi tubuh Anda, seperti rasa, sentuhan dan penglihatan, serta perasaan emosional Anda. Ketika pintu akses terbuka, dan penghipnotis dapat berbicara langsung dengan alam bawah sadar Anda, ia dapat memicu semua perasaan ini. Sehingga, Anda mengalami rasa milkshake cokelat, kepuasan-kepuasan dan sejumlah perasaan lainnya.

Selain itu, alam bawah sadar adalah gudang untuk semua ingatan. Saat berada di bawah kondisi hipnosis, subjek mungkin dapat mengakses peristiwa masa lalu. Yang mungkin telah terlupakan sepenuhnya.

Psikiater dapat menggunakan hipnotisme untuk memunculkan ingatan ini. Sehingga, masalah pribadi yang mengendap berpotensi dapat diselesaikan. Karena pikiran subjek dalam keadaan sugestif, juga dimungkinkan untuk membuat ingatan palsu. Untuk alasan ini, psikiater harus sangat berhati-hati, ketika menjelajahi masa lalu subjek hipnosis.

Teori hipnosis ini, sebagian besar didasarkan pada penalaran logis. Tetapi, ada beberapa bukti fisiologis yang mendukungnya.

Pada bagian selanjutnya, kita akan melihat beberapa data fisik yang telah dikumpulkan oleh para peneliti tentang hipnosis.

Ciri fisik orang dalam kondisi hipnosis

Bagaimana melihat ciri khusus orang dalam kondisi hipnosis?.

Dalam banyak penelitian, para ahli telah membandingkan “tanda-tanda tubuh” fisik. Antara subjek-subjek hipnosis dengan orang-orang yang tidak dihipnotis. Pada sebagian besar studi tersebut, para peneliti tidak menemukan perubahan fisik yang signifikan, terkait dengan kondisi trance hipnosis.

Secara umum yang terlihat; denyut jantung dan pernapasan subjek mungkin melambat. Tetapi, ini disebabkan oleh relaksasi yang terlibat dalam proses hipnotisme, bukan keadaan hipnosis itu sendiri.

Namun, tampaknya ada aktivitas yang berubah di otak. Data yang paling menonjol berasal dari electroencephalographs (EEGs), pengukuran aktivitas listrik otak. Penelitian EEG yang ekstensif telah menunjukkan bahwa; kondisi hipnosis menghasilkan gelombang otak yang berbeda, ritme tegangan listrik, sangat tergantung pada kondisi mental subjek.

Tidur nyenyak memiliki ritme yang berbeda dari bermimpi, misalnya. Dan kewaspadaan penuh memiliki ritme yang berbeda dari relaksasi.

Dalam beberapa penelitian, EEG dari subjek di bawah hipnosis menunjukkan dorongan dalam gelombang frekuensi yang lebih rendah, terkait dengan bermimpi dan tidur. Dan penurunan gelombang frekuensi yang lebih tinggi, terkait dengan terjaga penuh.

Informasi gelombang otak bukanlah indikator definitif, tentang bagaimana pikiran bekerja, tetapi pola ini sesuai dengan hipotesis bahwa; pikiran sadar mundur selama hipnosis. Dan pikiran bawah sadar mengambil peran yang lebih aktif.

Para peneliti juga mempelajari pola di korteks serebral otak, yang terjadi selama hipnosis. Dalam studi ini, subjek hipnosis menunjukkan penurunan aktivitas di belahan kiri korteks serebral. Sementara, aktivitas di belahan kanan, mengalami peningkatan.

Ahli saraf percaya bahwa; belahan kiri korteks adalah pusat kendali logis otak; beroperasi pada deduksi, penalaran dan konvensi. Sebaliknya, belahan kanan mengontrol imajinasi dan kreativitas.

Penurunan aktivitas belahan otak kiri, sesuai dengan hipotesis bahwa; hipnosis menundukkan pengaruh penghambatan pikiran sadar. Sebaliknya, peningkatan aktivitas otak kanan mendukung gagasan bahwa; pikiran bawah sadar yang kreatif dan impulsif mengambil alih fungsi pikiran. Ini sama sekali bukan bukti konklusif, tetapi ini memberikan kepercayaan pada gagasan bahwa; hipnotisme membuka pikiran bawah sadar.

Hipnosis sebenarnya, merupakan fenomena fisiologis. Jutaan orang melakukan hipnotisme secara teratur. Dan ada begitu banyak laporan bahwa hipnosis berhasil.

LAKUKAN SAJA SENDIRI! Anda tidak perlu praktisi hipnosis yang sangat terlatih untuk masuk kondisi hipnosis. Dengan teknik relaksasi dan fokus yang tepat, hampir semua orang dapat memasuki kondisi trance sendiri. Lalu dapat membuat sugesti sendiri ke pikiran bawah sadar.

Self Hypnosis

Cara & Tehnik Hipnosis

Tehnik hipnosis itu mudah! Katakan itu, maka Anda pasti bisa..

Ikuti seluruh instruksi saya; ketika Anda ingin benar-benar menyerap tehnik hipnosis ini. Agar menjadi lebih sederhana. Karena, kita akan membawa Anda belajar melakukan self hypnosis. Membuat pikiran sadar mundur kebelakang. Dan Anda belajar dengan memfungsikan dominan pikiran bawah sadar.

Anda akan mulai mengantuk.. Dan ketika saya mengatakan bahwa; setiap kata yang Anda baca, dan dimulai dari sekarang, itu membuat kelopak mata Anda terasa berat, maka secara otomatis mata Anda benar-benar terasa berat. Rasakan saja dikelopak mata Anda. Biarkan rasa itu terus menjalar dan membuat tubuh Anda pun terasa nyaman dan rileks. Diam sejenak.. Dan nikmati saja.

Penjamkan saja sejenak mata Anda. Biar rasanya, menjadi semakin kuat.

Saya ingin, Anda benar-benar merasakan sensasi rasa mengatuk itu semakin kuat. Karena, ini akan membantu Anda. Untuk semakin mudah untuk belajar tehnik hipnosis selanjut. Sekarang rasakan lagi, kelopak mata Anda. Saat Anda berkedip.. Rasakan semakin berat. Dan teruslah membaca, setiap kata dari tulisan ini.

Diamlah, beberapa saat, untuk menikmati sensari rasa relaks dengan mata yang mengatuk. Karena itu bagus. Sampai benar-benar terasa mengatuk. Jika belum, berpura-puralah untuk mengatuk. Undang rasa kantuk itu datang.

Sekarang lupakan tentang mata Anda. Rasakan pikiran Anda benar-benar fokus. Dan Anda dapat dengan mudah untuk memahami apa yang saya sampaikan. Tubuh Anda terasa relaks, dan itu membuat Anda dapat menangkap isi tulisan berikut ini dengan sempurna.

Metode hipnosis bervariasi.

Tetapi semuanya bergantung pada beberapa prasyarat dasar:

  • Subjek harus ingin dihipnotis.
  • Subjek harus percaya bahwa dia dapat dihipnotis.
  • Subjek akhirnya harus merasa nyaman dan santai.

Ketika Anda ingin melakukan tindakan hipnosis, pastikan 3 prasyarat ini terpenuhi. Tentunya dengan cara dan kreatifitas Anda. Sekarang, rasakan ide-ide tentang membuat prasyarat tersebut bermunculan dipikiran Anda. Muncul begitu saja..

Jika kriteria ini dipenuhi, hipnotis dapat memandu subjek ke kondisi trans hipnosis, menggunakan berbagai metode.

Teknik hipnotis yang paling umum adalah:

Fixed-gaze induction atau fiksasi mata – Ini adalah metode yang sering Anda lihat di film, ketika penghipnotis melambaikan arloji saku di depan subjek. Gagasan dasarnya adalah, membuat subjek fokus pada suatu objek, dengan sangat cermat. Sehingga, ia bisa memunculkan rangsangan lain. Saat subjek fokus, hipnotis berbicara kepadanya dengan nada rendah. Membawa subjek menjadi rileks. Metode ini sangat populer di masa-masa awal hipnotisme, tetapi hari ini tidak banyak digunakan. Karena tidak bekerja pada sebagian besar populasi.

Cepat – Gagasan metode ini adalah membebani pikiran dengan perintah yang tiba-tiba dan tegas. Jika perintahnya kuat, dan penghipnotis cukup meyakinkan, subjek akan menyerahkan kontrol sadarnya atas situasi tersebut. Metode ini bekerja dengan baik untuk hipnotis panggung. Karena keadaan situasi berada di depan audiens, membuat subyek menjadi cemas, membuat mereka lebih rentan terhadap perintah hipnotis.

Relaksasi dan pencitraan progresif – Ini adalah metode hipnosis yang paling umum digunakan oleh psikiater. Dengan berbicara kepada subjek, dengan suara pelan dan menenangkan, sang hipnotis lambat laun, memberikan relaksasi dan fokus penuh. Memudahkan subjek menjadi hipnosis penuh.

Biasanya, pelatihan self-hypnosis, serta kaset audio relaksasi dan meditasi, menggunakan metode relaksasi progresif ini.

Kehilangan keseimbangan – Metode ini menciptakan hilangnya keseimbangan. Menggunakan goyangan yang lambat dan berirama. Orang tua, telah menidurkan bayi dengan metode ini, selama ribuan tahun.

Sebelum hipnotis membawa subjek ke trans penuh, mereka umumnya menguji kesediaan dan kapasitasnya untuk dihipnotis. Metode pengujian yang umum adalah, membuat beberapa saran sederhana, seperti “Rilekskan tangan Anda sepenuhnya,” dan berikan sugesti yang meminta subjek untuk menangguhkan; ketidakpercayaan. Atau mengubah pikiran normal, seperti “Berpura-puralah Anda tidak berbobot.”

Bergantung pada mental state dan kepribadian seseorang, seluruh proses hipnotisme dapat berlangsung, mulai dari beberapa menit, hingga lebih dari setengah jam. Penghipnotis dan pendukung hipnotisme melihat kondisi mental tertentu sebagai alat yang kuat dengan berbagai aplikasi.

Fungsi hipnosis dalam kehidupan manusia

Bisa untuk sekedar rekreasi, penyembuhan, hingga yang lebih serius dalam membentuk kondisi emosi dan mental.

Dalam pertunjukan hipnotisme di tv-tv, serta demonstrasi hipnotisme di jalanan, atau ruang publik, hipnotisme digunakan untuk tujuan hiburan. Ini sesuatu yang luar biasa. Menyaksikan seseorang mengubah orang biasa, mungkin teman atau keluarga Anda, menjadi sosok yang baru atau hal-hal aneh lainnya.

Kekuatan sugesti dan imajinasi, dan penurunan daya logis, memang membuat pertunjukan menjadi fantastis.

Tapi demonstrasi ini hanya bermain di permukaan. Apa yang bisa dilakukan hipnotisme – semua sugesti sengaja dibuat untuk tujuan hiburan, untuk memastikan tidak ada yang terluka atau bermasalah. Hipnotis menggunakan aksesnya ke pikiran bawah sadar, hanya untuk bermain dengan subjek. Hipnotisme dalam metode ini, menggunakan akses untuk memengaruhi perubahan perubahan jangka pendek pada subjek.

Contoh lain dari modifikasi perilaku hipnosis, adalah untuk habit-control hypnotic treatment. Atau terapi merubah kebiasaan. Dalam aplikasi ini, seorang penghipnotis berfokus pada satu kebiasaan tertentu, yang tertanam dalam ketidaksadaran manusia (merokok atau makan berlebihan, misalnya). Dengan “panel kontrol” terbuka pada pikiran, penghipnotis memungkinkan untuk memprogram ulang alam bawah sadar. Untuk merubah perilaku atau kebiasaan.

Beberapa penghipnotis melakukan ini, dengan menghubungkan respons negatif dengan kebiasaan buruk. Misalnya, penghipnotis mungkin memberi sugesti pada alam bawah sadar, bahwa merokok akan menyebabkan mual. Jika hubungan ini diprogram secara efektif, Anda akan merasa sakit setiap kali berpikir untuk merokok. Atau, penghipnotis dapat membangun kemauan Anda, mensugesti alam bawah sadar, bahwa; Anda tidak memerlukan rokok, dan Anda tidak menginginkannya.

Hipnotisme habit-control treatment, biasanya dilakukan dalam skala massal, dalam seminar sehari, atau melalui kaset audio atau CD. Karena perawatan tidak secara khusus dirancang untuk setiap subjek, dan perawatannya cepat, program-program ini, seringkali tidak efektif. Bahkan jika pengobatan itu menghasilkan hasil positif, dalam jangka pendek. Ada kemungkinan besar bahwa subjek akan kambuh lagi.

Sesi hipnotisme secara personal, yang diarahkan secara khusus, cenderung menghasilkan hasil yang lebih baik.

Apa itu hipnotis bersertifikat?

Dalam iklan-iklan yang mengunakan tehnik hipnosis untuk perawatan, Anda sering melihat kata-kata “Hipnotis Bersertifikat!” dalam huruf besar dan tebal. Pakai garis bawah dan jika perlu dikasih sesuatu agar benar-benar terlihat! Apa arti sebenarnya?

CERTIFIABLE

Ternyata, tidak ada satu pun, proses sertifikasi resmi. Dan tidak ada badan pengatur untuk hipnotis. Jika Anda mengikuti kursus dua hari tentang hipnotisme, itu sudah cukup untuk mengklaim, bahwa; Anda adalah seorang hipnotis bersertifikat. Begitu konsepnya.

Beberapa program sertifikasi, yang dijalankan oleh National Guild of Hypnotists misalnya, menerapkan aturan pada siswa mereka dengan standar yang ketat. Tetapi, banyak yang tidak. Namun, dokter dan psikiater, yang merupakan anggota organisasi profesional, diatur dengan baik. American Psychiatric Association (APA) dan American Medical Association (AMA), keduanya memiliki standar ketat untuk praktik profesional hipnoterapi.

Di Indonesia sendiri, ada Indonesian Hypnosis Association (IHA), Indonesian Hypnotherapy and Medical Hypnosis Association (IHMHA), Indonesian Hypnosis Centre (IHC), dan masih banyak lagi.

Untuk sertifikasi hipnosis saya kira tidak sulit untuk mendapatkannya. Anda cukup mengikuti pelatihan, sehari atau dua hari. Tapi untuk bisa menjadi hipnotis, anda perlu banyak belajar dan melakukan praktek berkali-kali. Anda perlu jam terbang yang tinggi. Karena dari pengalaman lah Anda menemukan ide dan gagasan dalam menangani setiap persoalan manusia yang unik.

Dan perlu Anda ketahui, para penyembuh tradisional, sering pula menggunakan praktik hipnosis terselubung. Dalam melakukan penyembuhan. Mereka tidak bersertifikat, namun mampu memberi pengaruh dari masa ke masa. Bahkan sampai kini..

The Dukuns

Bentuk terapi hipnosis

Sebelumnya, telah disampaikan tentang praktik hipnosis dalam merubah kebiasaan buruk.

Aplikasi terkait hipnotisme adalah hipnoterapi psikiatris. Dalam sesi terapi, psikiater dapat menghipnotis subjeknya, untuk menyelesaikan masalah pribadi yang mendalam dan mengakar.

Terapi ini dapat berupa pemutusan pola perilaku negatif, seperti halnya dengan program pengendalian kebiasaan massal.

Ini bisa sangat efektif dalam mengatasi fobia, ketakutan yang tidak masuk akal dari objek. Atau situasi tertentu. Bentuk lain dari hipnoterapi psikiatris, melibatkan masalah kejiwaan yang mendasarinya ke tingkat sadar. Mengakses ketakutan, ingatan, dan emosi yang ditekan, dapat membantu untuk mengklarifikasi masalah sulit. Dan melakukan penyelesaian untuk masalah yang terus-menerus.

Penghipnotis juga dapat memanfaatkan kenangan yang tidak aktif, untuk membantu penegakan hukum. Dalam praktik ini, disebut hipnotisme forensik. Penyidik ​​mengakses ingatan subjek yang mendalam dan tertekan, tentang kejahatan masa lalu, untuk membantu mengidentifikasi tersangka atau menggali rincian kasus.

Karena penghipnotis dapat menyebabkan, subyek membentuk ingatan palsu, teknik ini masih sangat kontroversial di dunia forensik.

Bentuk hipnotisme kontroversial lainnya, adalah hipnoterapi medis. Dokter dan pemimpin spiritual di seluruh dunia mengklaim, bahwa; sugesti hipnosis dapat meringankan rasa sakit. Dan bahkan, menyembuhkan penyakit pada beberapa pasien.

Gagasan yang mendasari di balik ini adalah, bahwa; pikiran dan tubuh saling terkait. Ketika Anda memberi sugesti pada alam bawah sadar, bahwa tubuh tidak merasakan sakit, atau bahwa tubuh bebas dari penyakit, alam bawah sadar sebenarnya dapat membawa perubahan.

Ada banyak bukti anekdotal untuk mendukung gagasan ini. Dengan hanya menggunakan sugesti hipnosis sebagai obat bius, ribuan wanita telah berhasil melewati persalinan, dengan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang minimal.

Pasien kanker yang tak terhitung jumlahnya, bersumpah dengan hipnosis, mengklaim bahwa itu membantu untuk mengelola rasa sakit kemoterapi, dan beberapa mantan pasien memuji pemulihan mereka untuk hipnoterapi.

Keberhasilan hipnoterapi tidak dapat disangkal, tetapi banyak dokter berpendapat, bahwa; trance hipnosis, sebenarnya tidak bertanggung jawab atas hasil positif.

Fenomena skeptis pada hipnosis

Dalam sejarah hipnotisme modern. Yang relatif singkat. Ada puluhan teknik hipnosis dan berbagai penjelasan fenomena tersebut. Satu-satunya yang konstan, adalah pengalaman unik subyek hipnosis itu sendiri.

Tidak peduli bagaimana Anda memandang seni penghipnotis, tidak dapat dipungkiri, bahwa; orang memang memasuki kondisi khusus, di mana mereka tidak dapat ditebak. Dan tidak bisa dihalang-halangi mengalami fenomena tidak normal.

Skeptis modern memiliki penjelasan yang kuat dan meyakinkan. Tentang keadaan yang tidak biasa ini. Subjek hipnotis sebenarnya tidak dalam kondisi trance, mereka berpendapat, subjek hanya berpikir mereka adalah trance.

Tekanan sosial dan pengaruh hipnotis, seringkali cukup untuk meyakinkan orang, bahwa; mereka harus bertindak dengan cara tertentu. Ketika mereka mendapati diri mereka mengindahkan saran-saran itu, mereka mengira mereka pasti sedang dalam keadaan terhipnotis.

Para pendukung teori ini berpendapat, bahwa; kepercayaan ini saja, mungkin cukup kuat untuk membawa perubahan luar biasa pada diri seseorang. Jika Anda berpikir seseorang memaksa Anda untuk bertindak dengan cara tertentu, Anda akan bertindak seperti itu. Jika Anda berpikir sugesti hipnosis akan meringankan rasa sakit Anda, pikiran Anda akan membawa perasaan ini.

Dalam pandangan ini, seorang penghipnotis yang efektif bukanlah seseorang yang bisa menyelidiki jangkauan tersembunyi pikiran Anda, tetapi seorang yang memiliki otoritas dan karisma yang cukup kuat untuk meyakinkan Anda agar tersugesti. Ya, kunci penghipnotis agar berhasil adalah tingkat otoritas yang kuat.

Secara umum, fenomena ini dikenal sebagai efek plasebo. Dalam banyak penelitian, orang yang diberi pil gula, biasa berperilaku dan merasa berbeda. Hanya, karena mereka pikir mereka harus melakukannya. Jelas bahwa pikiran dapat memengaruhi semua aspek tubuh fisik, jadi masuk akal jika keyakinan yang dipegang teguh, dapat mengurangi rasa sakit. Atau, bahkan membantu mengobati penyakit.

Penutup

Tetapi pada akhirnya, penjelasan tentang hipnosis ini, memiliki jumlah yang hampir sama dengan teori trance. Ketika Anda benar-benar meyakinkan seseorang, bahwa; Anda telah membawa perubahan di alam bawah sadar mereka, mereka berpikir informasi ini sebagai fakta.

Seperti halnya fakta apa pun, informasi ini akan berakar dalam pikiran bawah sadar. Jadi, bahkan jika keadaan hipnosis tidak lebih dari isapan jempol dari imajinasi subjek, sugesti hipnosis masih dapat mereformasi kepercayaan yang mereka pegang teguh. Hasil akhirnya adalah sama!

1 komentar untuk “Tehnik & Cara Kerja Hipnosis”

  1. Ping-kembali: Hipnosis untuk mengendalikan rasa sakit » NEUROLISM

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top